Senin, 24 Desember 2012

0 Kota Tasikmalaya





Nah ini dia kota tempat kelahiran gue sob. Tempat yang berkesan buat hidup gue.. Well, gue mau jelasin Sejarah dan apa saja yang ada di kota Tasikmalaya.



A. Tata Letak dan Sejarah (Layout and History)

Kota Tasikmalaya (Tasikmalaya City) adalah salah satu kota di Provinsi Jawa BaratIndonesia Terletak 106 km sebelah timur Kota Bandung. Kota Tasikmalaya ini terdiri atas 8 kecamatan, yang dibagi lagi atas 69 kelurahan. Sang Mutiara dari Priangan Timur sebutan lain bagi kota ini, seiring dengan perkembangan kota ini. Arti Tasikmalaya, yaitu berasal dari kata “tasik” dan “laya”, artinya “keusik ngalayah”, maksudnya banyak pasir di mana-mana, mengingatkan kejadian meletusnya Gunung Galunggung Oktober 1822, yang menyemburkan pasir panas ke arah Kota Tasikmalaya. Keterangan lain menyebutkan bahwa Tasikmalaya berasal dari kata “Tasik” dan “Malaya”. Tasik dalam bahasa Sunda berarti danau, laut dan Malaya artinya nama deretan pegunungan di Pantai Malabar India.
Sejarah berdirinya Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi tidak terlepas dari sejarah berdirinya kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah kabupaten induknya. Sebelumnya, kota ini merupakan ibukota dari kabupaten Tasikmalaya, kemudian meningkat statusnya menjadi kota administratif tahun 1976, pada waktu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya, dan kemudian menjadi pemerintahan kota yang mandiri pada masa Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya dipimpin oleh bupatinya saat itu H. Suljana W.H. 


Tasikmalaya, Indonesia

Kota Tasikmalaya diresmikannya sebagai Kota Administratif Tasikmalaya melalui Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976, dengan Walikota Administratif Pertama yaitu Drs. H. Oman Roosman yang dilantik oleh Gubernur Jawa Barat H. Aang Kunaefi. Pada awal pembentukannya, wilayah Kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 Kecamatan yaitu Cipedes, Cihideung, dan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.
Pembentukan pemerintahan Kota Tasikmalaya sebagai pemerintahan daerah otonom ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001, bersama-sama dengan Kota Lhokseumawe, Kota Langsa, Kota Padang Sidempuan, Kota Prabumulih, Kota Lubuk Linggau, Kota Pagar Alam, Kota Tanjung Pinang, Kota Cimahi, Kota Batu, Kota Singkawang, dan Kota Bau-Bau, selanjutnya pada tanggal 18 Oktober 2001, Drs. H. Wahyu Suradiharja dilantik sebagai Penjabat Walikota Tasikmalaya oleh Gubernur Jawa Barat dilaksanakan di Gedung Sate Bandung.
Melalui Surat Keputusan No. 133 Tahun 2001, tanggal 13 Desember 2001 Komisi Pemilihan Umum membentuk Panitia Pengisian Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Kota Tasikmalaya (PPK-DPRD), selanjutnya pengangkatan anggota DPRD Kota Tasikmalaya disahkan melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat, No. 171/Kep.380/Dekon/2002, tanggal 26 April 2002, dan pada tanggal 30 April 2002 keanggotaan DPRD Kota Tasikmalaya pertama diresmikan. Kemudian pada tanggal 14 November 2002, Drs. H. Bubun Bunyamin dilantik sebagai Walikota Tasikmalaya, sebagai hasil dari tahapan proses pemilihan yang dilaksanakan oleh legislatif.
Sesuai Undang-Undang No. 10 Tahun 2001 bahwa wilayah Kota Tasikmalaya terdiri dari 8 kecamatan dengan jumlah kelurahan sebanyak 15 dan desa sebanyak 54, kemudian melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 30 Tahun 2003 tentang perubahan status desa menjadi kelurahan, desa-desa di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya berubah statusnya menjadi kelurahan, maka jumlah kelurahan menjadi sebanyak 69 kelurahan, selanjutnya kecamatan di Kota Tasikmalaya dimekarkan lagi sehingga menjadi sepuluh kecamatan.
Berikut ini urutan pemegang jabatan Walikota Administratif Tasikmalaya, dari terbentuknya Kota Administratif sampai menjelang terbentuknya Pemerintah Kota Tasikmalaya:
  1. Oman Roesman (1976-1985)
  2. Yeng Ds. Partawinata (1985-1989)
  3. R. Y. Wahyu (1989-1992)
  4. Erdhi Hardhiana (1992-1999)
  5. Bubun Bunyamin (1999-2007)
  6. Syarif Hidayat (2007-2012)
  7. Drs. H. Budi Budiman (2012-2017) 


B. Kuliner (Culinary)
Kota Tasikmalaya adalah kota yang paling terkenal dengan bubur ayam dan baksonya. Dan banyak juga kuliner kalo kamu suka wisata kuliner, wajib di coba kalo kamu lagi sempet berada di Kota Tasik!
Berikut adalah daftar kuliner di Kota Tasikmalaya :
1. Bakso
Salah satu kuliner yang terkenal. Bakso di tasik ini beragam dan mempunyai cita rasa tersendiri. Bahkan setiap tukang bakso mempunyai pelanggan masing-masing. Dan setiap baso mempunyai keunggulan masing-masing. Dan banyak sekali masyarakat luar Tasik yang mengatakan bakso Tasik adalah bakso paling istimewa.
Di mana letak istimewanya? Mungkin akan muncul pertanyaan seperti itu. Mie bakso Tasik umumnya dibuat dari mie buatan sendiri. Mie ini hanya akan direbus sesaat sebelum disajikan. Kemudian ditambahkan bumbu-bumbu dan cincang daging ayam. Kalau suka, dapat ditambahkan rebusan sawi, bawang goreng dan daun bawang. Tentunya tidak lupa basonya.
Satu hal lagi yang membedakan bakso Tasik adalah adanya sambal atau biasa disebut saos bawang yang super pedasnya. Rasa saos ini bebeda dengan saos/sambal botolan biasa. Selama ini saya hanya menemukan saos jenis ini di Tasik saja.

Berikut adalah daftar tempat Bakso terkenal di Tasikmalaya :
NamaAlamatJenisHarga (Rp)
55Pasar Mambo.
AyuJl. Yos Sudarso, depan SMP Yos Sudarso.
DidiJl. Sutisna Senjaya, perempatan alun-alun.bakso solo
Edy CarwaJl. Sutisna Senjaya, depan Bank Mandiri. / Jl. Kh.Khoer Affandi, dekat SMPN 11 Tasikmalaya
H. ToleJl. Veteran.
Haji OdingRuko Terminal Pancasila
JakaJl. Cihideung Balong.
JamilJl. Nagarawangi.
JaroJl. Ahmad Yani.bakso urat
KimanJl. Ahmad Yani, depan terminal Pancasila.bakso solo
KingJl. Rumah Sakit.bakso tasik
LaksanaJl. Pemuda, belakang Kantor Pos.bakso tasik
Mang AyoJl. Sutisna Senjaya, depan TK/SD/SMP Al-Muttaqin
ParahyanganJl. Ahmad Yani, Parapatan Pancasila.
Sari RaosJl. Siliwangi, dekat Universitas Siliwangi.bakso tasik9000
Sari RasaJl. Tentara Pelajar.bakso tasik9000
Mang ELSIGHDepan Pertamina Tasikmalayabakso tasik6000
SelectaJl. Veteran.
SimpatiJl. KHZ Mustofa.
Tiara MulyaJl. Galunggung
WidjiJl. Rumah Sakit.
Jl. Siliwangi (Padayungan).
bakso solo6000
Tasik (hilmi)Per.Taman tridaya indah III Blok L BEKASI.bakso Tasik7000
Tasik (Gentra Galunggung)Jl. Cisayong Pagendingan TasikmalayaMie Baso Gentra Galunggung9000
NB : Karena seiring berjalannya waktu, harga bisa berubah ubah.
2. Bubur Ayam
Siapa yang ga kenal bubur tasik dengan ciri khasnya? ampuun, enak banget, guys ! Bubur tasik mempunyai ciri khas bubur yang encer. Bukan sembarang encer, ketika anda makan di sendok pertama, pasti akan ketagihan. Bubur tasik ini mempunyai rasa gurih yang sangat dalam. Diatas buburnya ditaburi bawang daun, kacang kedelai, cakue yang dipotong, ati dan ampela, dan yang pasti ayam beserta kerupuk.  Bubur encer ala tasik menjadi andalan bagi tasik.
Berikut adalah daftar tempat Bubur Ayam terkenal di Tasikmalaya :
NamaAlamatHarga (Rp)
Mang AdeJl. Tentara Pelajar depan Universitas Trigunaumum
Bah IiTawang Kulon
Jl. Dewi Sartika
3000
Biasa MalamJl. Gunung Sabeulah3000
Mang EngkusJl. Garuda, depan SD Al-muttaqin / depan Pool Damri7000
Mang UdinJl. Tentara Pelajar.
Pagi di depan SD Citapen, sore di depan RS Pamela.
2000
ZaenalKalektoran14000
OOYNagarawangi3000
Ujang AmirGn. Salem Bebedahan2500
Bubur TIPJalan KHZ Mustofa Depan TIP2500
NB : Karena seiring berjalannya waktu, harga bisa berubah ubah.
3. Cemilan
Cemilan khas Tasikmalaya banyak sekali ragamnya. Kamu bisa temukan itu di Opak Larisa, jalan KH.Khoer Affandi dekat Condong. Disana banyak sekali ragam cemilan khas Tasik seperti ranginang, opak, kicimpring, dan lain lain. Cemilan buah buahan seperti salak dan manggis juga terdapat di Tasik.
4. Nasi Tutug Oncom ( T.O)
Nasi ini banyak penggemarnya loh. Banyak sekali warung makan yang menyediakan Nasi TO ini. Kalo kamu lagi di Tasik, kamu bisa menemukannya di jalan BKR dekat dadaha / dekat UNSIL. Disana terdapat banyak sekali warung nasi yang menyediakan nasi TO.
5. Kupat Tahu
Kupat tahu atau ketupat tahu adalah penganan yang terbuat dari campuran ketupat dan tahu goreng yang dipotong-potong kecil lalu diberi bumbu kacang yang khas. Beberapa penjual menambahkan juga tauge yang sudah direbus tetapi menu kupat tahu di Tasikmalaya biasanya tidak.
Di kota lain, banyak penjual kupat tahu yang menulis "kupat tahu singaparna" di gerobak dagangannya. Singaparna adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya yang terkenal dengan rasa kupat tahunya yang lezat.

Berikut adalah daftar tempat Kupat Tahu terkenal Di Tasikmalaya :

NAMAALAMATHARGA (RP)
EsahPasar Mambo7000
IboDepan masjid Mangunreja, Singaparna4000
KabitaJl. Kalektoran
Jl. R. Ikik Wiradikarta
7000
Mangunreja (Mang Oting)Jl. Perintis Kemerdekaan, Ngamplang, Kawalu4000
OmiJl. Ahmad Yani3000
Mang EngkusJl. HZ Mustofa3000
Mang AminDepan Kaum Manonjaya3000
NB : Karena seiring berjalannya waktu, harga bisa berubah ubah.

C. Kota Bordir dan Usaha Konveksi

Kota Tasikmalaya juga terkenal sebagai kota bordir dan konveksi. Di setiap daerahnya pasti terdapat pengusaha pengusaha konveksi. Seperti di Jakarta, disana banyak sekali beberapa masyarakat yang berasal dari Tasik yang memperdagangkan hasil usaha konveksinya.

Untuk kebutuhan bordir, kamu bisa menemukannya di Kawalu, daerah selatan Kota Tasik. Kamu bisa nemuin macam macam seperti busana muslim dan lain lain.
Dan untuk kebutuhan konveksi, terdapat di Cibeureum, daerah timur Kota Tasik. Disana kamu bisa pesan pakaian pakaian olahraga, pakaian sehari hari dan yang lainnya.

Usaha konveksi lainnya seperti sendal kayu / Kelom, kamu bisa mampir di daerah Tamansari, Gobras. Disana banyak sekali tempat produksi kelom dan kamu bisa pesan untuk kebutuhan sehari hari atau bisnis.


Yap, kalo kamu mampir ke Tasik, jangan lupa buat mampir di tempat tempat nongkrongnya ya, karena tempat nongkrongnya ga kalah sama kota kota besar loh.. 

Twitter info : @infotasik
web : http://www.tasikmalayakota.go.id

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © 2012 Ardi Zohar Asiqin